Abstrak Evaluasi pendidikan bertujuan untuk mengetahui tingkat prestasi peserta didik. Prinsip-prinsip evaluasi meliputi kontinuitas, keseluruhan aspek yang dinilai, objektivitas, penggunaan alat ukur yang baik, serta kesungguhan pelaksanaan. Teknik evaluasi terdiri atas tes dan non-tes, di mana tes dapat berupa diagnostik, formatif, atau sumatif, sementara non-tes meliputi skala, angket, daft…
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahakan dari perencanaan maupun pelaksanaan proses pembelajaran guru. Agar penilaian dapat dilaksanakan dengan baik perlu dilakukan secara autentik. Penilaian autentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan, proses, dan keluaran pembelajaran. Penilaian autentik dil…
" Evaluasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan " Penulis : Sulistyorini Abstrak Bagaimana seorang guru ataupun seorang kepala sekolah dapat mengetahui apakah rencana pendidikannya sudah dapat dilaksanakan dengan baik, jika ia tidak mengadakan pemeriksaan serta penilaian terhadap hal-hal yang telah dilaksanakan. Bagaimana ia dapat mengetahui hal-hal yang menjadi penghambat atau pe…
Evaluasi sangat diperlukan dalam pendidikan formal, dalam hal ini sekolah. Khususnya evaluasi mengenai hasil belajar. Hal ini dimaksudkan untuk melihat tingkat kemampuan dan keberhasilan siswa dalam proses belajar. Ada dua teknik yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi hasil belajar, yaitu tes dan nontes. Buku ini akan membahas tentang teknik test yang digunakan dalam evaluasi hasil bela…