Text
Guru profesional implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dan sukses dalam sertifikasi guru / Kunandar
Pembahasan dalam buku ini secara lugas memadukan antara pendekatan teoretis dan pendekatan praktis. Pendekatan teoretis penulis peroleh melalui kajian literatur dan diskusi-diskusi ilmiah dalam studi penulis di program Doktor Universitas Negeri Jakarta. Sementara itu, pendekatan praktis penulis peroleh dari pengalaman sebagai guru dan kini sebagai widyaiswara di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) DKI Jakarta. Sebagai widyaiswara penulis akrab dan dekat dengan para guru ketika melakukan pelatihan dan pendampingan dalam sebuah diklat, workshop, seminar, dan kegiatan sejenis lainnya. Persoalan-persoalan yang dihadapi para guru di lapangan, terutama berkaitan dengan metode dan evalusi hasil belajar, dibahas secara tuntas dan gamblang dalam buku ini.
Buku ini membahas (1) Pendidikan Indonesia dan Problematikanya; (2) Guru dan Permasalahannya; (3) Menjadi Guru Profesional; (4) Kurikulum Pendidkan di Indonesia (Kurikulum 1968 hingga KTSP); (5) Pengembangan Program Pembelajaran dalam KTSP; (6) Pelaksanaan Pembelajaran Bermakna dan Kontekstual dalam KTSP; dan (7) Evaluasi Hasil Belajar dalam KTSP. (Sulistyowati)
Kata kunci: Guru, Pendidikan, Pembelajaran
Tidak tersedia versi lain