Text
Evaluasi Hasil Belajar / Purwanto
" Evaluasi Hasil Belajar "
Penulis : Purwanto
Abstrak
Buku ini dibangun dari tiga hal penting. Pertama, belajar adalah proses psikologis yang unik. Beberapa teori berusha memberikan penjelasan mengenai bagaimana proses belajar terjadi pada pembelajar. Kedua, hasil belajar merupakan perubahan pada diri pembelajaran karena mengalami proses belajar. Perubahan dapat terjadi pada ranah kognitif, efektif dan atau psikomotorik. Ketiga, untuk mengetahui hasil dari proses belajar perlu dilakukan pengukuran. Pengukuran dilakukan menggunakan alat ukur yang secara sengaja dirakit untuk memngukur hasil belajar yang diinginkan. Proses belajar, hasil belajar, dan pengukuran hasil belajar adalah tiga hal yang ingin disampaikan dalam buku ini. Kebanyakan buku menyajikan ketiga hal itu secara terpisah, namun buku ini memilih memadukannya dalam satu sajian sehingga persoalan seputar belajar terbungkus utuh. Jika anda ingin menjumpai ketiga hal tersebut dalam sebuah keutuhan, temukan keutuhan itu dalam buku ini. Selain itu, buku ini juga menyajikan dasar pemahaman konseptual yang ringkas dan padat yang dipadukan dengan panduan teknis yang komprehensif.(C.Nur Kamelia)
Kata kunci : Evaluasi pendidikan, hasil belajar
Pada Buku ini terdapat XII BAB yaitu :
BAB I Pengukuran dan Evaluasi dalam Pendidikan
BAB II Komponen dan Model-Model Evaluasi Pendidikan
BAB III Tujuan Pendidikan dan Hasil Belajar : Domain dan Tksonomi
BAB IV Tes Sebagai Instrumen Pengumpulan Data Hasil Belajar
BAB V Pengembangan Tes Hasil Belajar
BAB VI Analisis Butir Tes Hasil Belajar
BAB VII Pengujian Validitas Tes Hasil Belajar
BAB VIII Pengujian Validitas Konstruk Hasil Belajar dengan Analisis Faktor
BAB IX Pengujian Reliabilitas Tes Hasil Belajar
BAB X Pengumpulan Data Hasil Belajar
BAB XI Statistika untuk Analisis Data Hasil Belajar
BAB XII Penilaian Hasil Belajar
Tidak tersedia versi lain