Text
Perkembangan bahasa pada anak usia dini/Beverly Otto
" Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini : Edisi Ketiga "
Penulis : Beverly Otto
Abstrak
Guru yang efektif untuk anak-anak harus mempunyai ketajaman observasi dan bisa menentukan jenis kegiatan yang tepat untuk belajar dan memotivasi anak. Guru profesional anak usia dini akan sering berinteraksi dengan anak-anak menggunakan bahasa lisan dan tulisan. Karenanya guru dan atau calon guru anak usia dini perlu memahami bagaimana anak-anak mengembangkan kemampuan bahasanya. Pengetahuan ini akan membantu guru dalam memberikan pelajaran yang efektif, efisien, tepat sasaran dan berwawasan. Melalui buku ini anda akan memperoleh berbagai hal yang dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan tentang perkembangan bahasa sekaligus strategi dan kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kemampuan bahasa anak didik sampai mereka berhasil. Paparan dalam buku ini mengandung uraian teori dan konsep serta penerapan berbagai konsep dan teori itu ke dalam praktik yang baik dan tepat. Penulis memberikan penjelasan yang runtut dan komperhensif, dan terperinci sampai tingkat tertentu, yang memudahkan anda memahami secara utuh perihal perkembangan bahasa termasuk pengetahuan bahasa, aspek fonetik, semantik, sintaksis, dan morfemik serta pragmatis. Selain itu juga dijelaskan perkembangan pengetahuan anak dalam hal bahasa tulis sehingga anda dapat merancang kegiatan tulis-menulis yang cocok dengan level perkembangan anak didik anda. Meskipun teks ini terutama didesain sebagai teks utama untuk mahasiswa sarjana strata-1 yang mempelajari perkembangan bahasa dan pendidikan anak usia dini, namun buku ini juga dapat digunakan sebagai teks perlengkapan untuk studi perkembangan bahasa pada umumnya dan studi metode membaca pada anak tingkat usia dini dan taman kanak-kanak. (C.Nur Kamelia)
Kata kunci : Anak usia dini, Perkembangan bahasa
Pada Buku ini terdapat 14 BAB yaitu :
BAB 1 Bahasa dalam Kehidupan Kita
BAB 2 Pandangan Teoretis dan konteks Perkembangan Bahasa
BAB 3 Perkembangan Bahasa di Antara Anak - anak dengan Kebergamana Linguistik
BAB 4 Perkembangan Bahasa Pada Bayi dan Batita
BAB 5 Memperluas Perkembangan Bahasa Pada Bayi dan Batita
BAB 6 Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah
BAB 7 Memperluas Perkembangan Bahasa Pada Anak- anak Usia Prasekolah
BAB 8 Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak
BAB 9 Memperluas Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak
BAB 10 Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Sekolah Dasar
BAB 11 Memperluas Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Sekolah Dasar
BAB 12 Penilaian Bahasa : Pengamatan, Pemeriksaan, Pendiagnosisan, dan Pendokumentasian
BAB 13 Memperluas Perkembangan Bahasa di Antara Anak-anak dengan Gangguan komunikasi
BAB 14 Membantu Perkembangan Bahasa Melalui Hubungan Sekolah - Rumah
Tidak tersedia versi lain