Text
Perencanaan & pengembangan kurikulum / Dakir
Abstrak
Banyak sekali definisi kurikulum , antara yang satu dengan yang lain saling berbeda dikarenakan dasar filsafat yang dianut oleh para penulis berbeda - beda. Walaupun demikian ada kesamaan satu fungsi , yaitu bahwa kurikulum adalah alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Di Indonesia, tujuan kurikulum tertera pada UU Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003 BAb 1 Pasal 1 disebutkan bahwa : Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggara kegiatan belajar mengajar. Sungguhpun buku ini berjudul " perencanaan dan pengembangan kurikulum " tetapi dalam pembahasannya akan dimulai dari hal-hal pengembangan kurikulum lebih dahulu kemudian membahas nasalah " perencanaan kurikulum " karena membahas perencanaan tidak akan tepat kalau tidak didahului oleh berbagai komponen kurikulum dan berbagai perkembangannya.
Kata kunci : kurikulum, perencanaan
Pada buku ini terdapat IX BAB yaitu :
BAB I Hakikat kurikulum
BAB II Organisasi kurikulum
BAB III Asas- asas pengembangan kurikulum
BAB IV Pengembangan kurikulum
BAB V Kurikulum muatan lokal
BAB VI Langkah - langkah perencanaan
BAB VII Merencanakan jumlah peserta didik untuk tahun mendatang dan analisis cohort
BAB VIII Educational worksheet
BAB IX Pert dan cpm dalam perencanaan kurikulum
M1300315P | Tersedia | ||
M1300292P | Tersedia | ||
M1307000P | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain